Sabtu, Desember 08, 2007

Choux Pastry


Hallah, susah banget namanya... Padahal sih sebenernya kue sus. Lagi iseng-iseng liat buku Sedap Sekejap ada resep kue sus dengan isian yang lumayan menarik. Secara biasanya isi dari vla doang. Tapi kali ini vlanya dicampur ama wc. Ngiler liat isinya, tapi nggak mungkin nggak bikin kulitnya. Ya udah sekalian bikin kulitnya. Maaf ya kalo gambarnya agak nggak profesional, secara aku ngambilnya lagi males2an, n kuenya mau dibagi2in abis ke saudara... Isinya sih muanteb bener, tapi kulitnya kurang kokoh kalo menurutku (karena biasanya aku bikin resep bogasari, kulitnya lebih crunchy)... Eniwey, ok juga sih rasanya.

Kue Sus
Sumber: 52 Kue Populer by Sedap Sekejap
Untuk 30 buah

Bahan-bahan kulit:
100 gr margarine
200 ml air
1/2 sdt garam
125 gr terigu protein tinggi
4 butir telur

Bahan-bahan Isi:
375 ml susu cair
75 gr gula pasir
40 gr tepung maizena
1 btr kuning telur
150 whipped cream bubuk
300 ml air
rhum secukupnya

Cara membuat:
1. Sus: Rebus air, margarin, dan garam sambil diaduk sambil mendidih. Matikan api, masukan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal. Nyalakan api kecil. Masak sampai lakos. Angkat dan biarkan hangat.
2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukan keplastik segitiga.
3. Semprot dengan spuit diloyang yang dioles margarin
4. Oven 30 menit dengan suhu 200 derajat celcius.
5. Isi: Kocok whipped cream bubuk dengan air es sampai mengembang. Simpan dalam lemari es.
6. Rebus susu cair, tepung maizena, dan gula pasir sambil diaduk sampai meletup-letup. Ambil sedikit adonan. Tambahkan kuning telur. Aduk rata.
7. Tuang kerebusan susu. Masak lagi hingga meletup-letup. Angkat dan biarkan hangat. Tambahkan rhum. Aduk rata.
8. Setelah hangat tuang ke whipped cream kocok sambil dikocok perlahan. Masukan ke kantong segitiga.
9. Belah sus. Semprot sus dengan isinya.