Jumat, November 16, 2007

Brownies Kukus Coklat Lapis Keju

Nyempet-nyempetin bikin kue untuk dibagi ke ponakan sebelum berangkat kursus kue di Jakarta. Akhirnya jadi kepengen bikin brownies yang praktis. Ya udah, pagi-pagi keluarin kukusan, lalu mulai berbrownies ria. Resepnya kuambil dari Majalah Sedap. Emang sih agak ribet kalo ngikutin cara membuat aslinya. Jadi aku simplified aja. Enak juga koq hasilnya.... lembut dan nyoklat banget. Ini adalah andalan aku--karena gampang buatnya n ennnyyyakk


Brownies Kukus Coklat Lapis Keju
Sumber: Majalah Sedap


Bahan:
6 butir kuning telur
4 butir putih telur
200 gr gula pasir
60 gr tepung terigu protein sedang
30 gr tepung coklat bubuk
1/4 sdt baking powder
100 gr mentega/margarin
50 gr coklat blok (dcc), dipotong kecil-kecil
1/2 sdt coklat pasta
4 lbr keju slice


Cara membuat:

1. Lelehkan margarin dengan api kecil. Masukan coklat blok. Aduk hingga coklat blok leleh. Masukan coklat pasta, aduk rata.
2. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental.
3. Ayak tepung terigu, tepung coklat bubuk, dan baking powder. Aduk rata.
4. Masukan tepung kedalam kocokan telur. Aduk rata dengan spatula. Masukan campuran mentega dalam adonan telur dan tepung. Aduk hingga benar-benar rata, agar mentega tidak mengendap dibawah.
5. Lumuri loyang 10x24 cm dengan sedikit minyak. Lapisi dengan plastik di bagian bawahnya.
6. Bagi 2 adonan. Masukan adonan pertama kedalam loyang.
7. Panaskan kukusan hingga air mendidih. Bungkus tutup kukusan dengan serbet agar uap air tidak menetes.
8. Kukus adonan selama 10 menit. Keluarkan dari kukusan.
9. Tata keju slice diatas adonan. Masukan kedalam kukusan selama 10 menit.
10. Keluarkan. Masukan adonan ke 2. Kukus lagi selama 10 menit.
11. Angkat dari kukusan. Biarkan dingin. Keluarkan dari loyang. Potong-potong, sajikan.

Tidak ada komentar: