Selasa, Oktober 16, 2007

Blackforest












Dapet pesenan lebaran dari calon hubby, black forest untuk temen kongsiannya yang kebetulan ngerayain lebaran. Asikk... sekalian coba2 bikin black forest, tapi bingung karena kebanyakan resep yang mau dicobain. Pengen bikin resep hasil kursus di bogasari, tapi karena waktu itu banyak banget telurnya (spongenya dipake juga buat petite four), jadi coba2 resep lainnya. Tapi kayaknya kurang ok cakenya karena kurang hitam. Aku pake wc dan diisi ama dark cherry. Terus toppingnya wc ama red cherry n choco serut.

Birthday Cupcake





Sekalian untuk isian goody packnya keponakan, aku bikinin birthday cupcakenya. Pake edible gambar wajahnya n juga princess, terus aku kasih butter cream ama spuit 1M en 5 (abis cuma punya yang ntu aja spuitnya...). Terus aku kasih trimmits. Kuenya sih, coklat butter cake modifikasi dari resep butter cake NCC 2 telur, cuma ku kasih campuran pasta coklat ama coklat bubuk biar coklat he..he.., mau coba devil food cake belum punya measuring cupnya (abis resepnya pake cup cup an bikin binun...).

My First BCDK




Ultah calon keponakan akhirnya jadi juga. Kebetulan jadinya tanggal 14 Oktober, jadinya sehari abis lebaran. Secara lebaran lewat udah bikin 2 kue, jadinya rasanya cappeee banget (kayaknya norak banget, org lain bikin selusin kuwe ok ok aja, koq aku kayaknya repooot banget). Akhirnya tercapai juga cita2 bikin bcdk. Harap2 cemas sih. Kuenya kubikin cocktail cake (sponge yang dikasih buah dan wc), terus di hias ama campuran wc dan bc lantaran harus ditempel ama edible (katanya sih takut basah), terus aku kasih coklat mercolade pink tulisan nama anaknya... Simple banget kan. Tapi berhubung pertama kalinya dan modal nekat sampe mau nangis ngeliat wc-nya mau meleleh (lantaran disini puannaas banget).

Ya udah, resep cakenya ntar aku posting. Spongenya agak2 kering karena nggak pake mentega. Tapi lantaran aku semprot ama simple syrup yang dikasih rhum and juga ama sisa air cocktail kaleng, jadinya ok banget.






Senin, Oktober 15, 2007

Triple Choco Caramel Cake


Dapet pesenan dari calon hubbyku untuk tetangga sebelah rumah buat hantaran lebaran. Bingung juga mau bikin apa. Penasaran ama TCCCnya mba Uceu, dan juga karena banyak banget comment tentang kue ini di milis NCC, jadi kepengen bikin. Ya udah, akhirnya aku decide bikin TCCC ini. Kuenya kulapis ganache coklat, n karena nggak bisa bikin coklat modelling, aku kasih cherry aja... Simple (emang dasarnya nggak bisa yang lainnya...)

Selasa, Oktober 02, 2007

Orange Cupcake



Lagi seneng2nya nyari the perfect recipe untuk cupcake. Biasa, untuk keperluan ultah calon keponakan. Oleh karenanya aku berniat coba2 dulu untuk cari tau resep yang paling pas. Ketemu resep di blog ncc, butter cake dasar 2 telur punyanya mba fatmah b, terus aku modifikasi dikit bikin orange cupcake, karena aku udah mulai bosan liat yang vanilla en coklat. Rasanya enak sih... wangi jelasnya n warnanya itu lho...cantik!

Orange Cupcake

Bahan-bahan:
120 gr mentega
1/2 sdt orange pasta (aku pake toffieco)
200 gr gula pasir
2 butir telur
200 gr tepung terigu
1 sdt bp
150 ml susu UHT + 1 sachet Nutrisari jeruk manis

Cara membuat:
1. Kocok mentega, gula, orange pasta hingga mengembang dan pucat.
2. Masukan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga mengembang dan rata
3. Masukan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan secara bergantian dengan larutan susu yang sudah dicampur nutrisari, sambil diaduk rata.
4. Isi dalam kertas cupcake yang ditaruh dalam loyang.
5. Oven dengan suhu 180 derajat selama 20 menit atau sampai matang.

Senin, Oktober 01, 2007

Chocolate chip Cupcake


Berhubung 2 minggu lagi, ponakanku mau ultah, aku buka2 catatan nyari resep yang ok untuk buat cupcake yang diisiin di goody bagnya. Pertamanya pengen bikin cupcake yang judulnya easy choco cup cakenya martha stewart, tapi kesulitan dapet bahannya--sour cream (emang sih bikinnya easy, bahannya itu lho yang susah). Akhirnya pikir pikir aku decide bikin cupcake yang ada diblognya teh rina rinso. Ternyata cupcakenya itu enak lho, lembut tapi nggak terlalu berlemak. Aku tambahin chocholate chips aja.



Untuk resep, klik ke sini aja yah... Lagi males ngetik nih...

Risoles Sayur dan Daging


Inget bahwa kemarin masih ada sisa isian sayur dan daging bekas bikin kroket kentang, aku coba2 buat risoles. Emang sih ini bukan pertama kalinya aku buat kulitnya, tapi biasanya aku paling ribet kalo bikin kulit. Alhasil buka-buka resep ketemu resep kulit yang kayaknya ok. Ya udah aku coba aja.

Risoles Sayur dan Daging
Sumber: Kudapan Ringan Istimewa karya Sedap Sekejap

Bahan Kulit:
200 gr tepung terigu
450 ml susu cair
2 butir telur
1/2 sdt garam (aku pake 1 sdt)
30 gram margarin, dilelehkan

Bahan pelapis:
2 butir telur
150 gr tepung roti

Bahan isi:
lihat adonan isi kroket kentang

Cara membuat:
1. Aduk tepung dan garam. Tambahkan tepung, susu cair. Aduk rata hingga tidak bergrindil. Tambahkan margarin leleh. Aduk rata. Saring, dan diamkan 10 menit.
2. Panaskan teflon datar, beri sedikit margarin, masukan adonan 1 sendok sayur. Putar hingga menjadi lapisan tipis seperti omelet. Masak hingga matang, angkat.
3. Beri 1 sdt adonan isi, gulung seperti amplop.
4. Celup risoles ke telur yang di kocok lepas, lalu gulingkan di tepung roti. Tepuk2 sisa tepung
5. Goreng di minyak panas sampai kekuningan.