Kamis, November 08, 2007

Donat Empuk A La J.Co





Penasaran ama donat yang empuk, secara selalu bikin donat kentang, kali ini aku mau nyoba bikin donat yang empuk tanpa kentang. Juga gara2 di milis banyak beredar tentang jiplakan JCo. di Malaysia, yang membakar rasa nasionalisme guna menambah semangat untuk mencoba resep yang notabene udah lama beredar ini ... (hallah... emang kepengen makan aja). Aku nyoba2 juga bikin donat ino. Emang empuk sih. Malah tahan 3 hari tetep aja empuk.. puk.. .

Toppingnya aku beri chocolate kuning rasa lemon, ama couverture, en gula. Kebanyang enyyyak khan?? Oh iya, mengenai tepungnya, kebetulan aku pake komachi/tepung jepang, emang sih empuk jadinya. Oh iya, kalo ada yang udah nyoba pake tepung cakra/protein tinggi, kasih tau hasilnya apa empuk juga ya??

Donat Empuk A La J-Co

Bahan A:
850 g tepung terigu Jepang (komachi)/tepung protein tinggi/cakra kembar (aku sih pake komachi)
11 g ragi instant
10 g garam
600 ml air matang

Bahan B:
200 g tepung komachi/tepung protein tinggi
10 g garam
120 g gula pasir
100 g telur ayam. Aku pake 2 butir
140 g shortening

Cara membuat:
1. Aduk bahan A hingga rata. Diamkan selama 90 menit dalam wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang. Sisihkan.
2. Tambahkan Bahan B, aduk hingga kalis, kira-kira 10 menit.
3. Istirahatkan selama 15 menit.
4. Tipiskan dan giling hingga ketebalan +/- 1 cm. Diamkan selama 10 menit. Cetak dengan cetakan donat.
5. Istirahatkan 10 menit.
6. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil hingga matang kedua belah sisinya.
7. Tiriskan, dan siap untuk diberi topping.

Tips:
1. Adonan memang lebih lembut, dan lembek dibandingkan adonan biasa. Sehingga lebih baik digilas dan dicetak agar gampang dihandle.
2. Sisa-sisa adonan yang lebih dari cetakan, lebih baik di sisihkan dan disatukan. (Jangan dicampur dengan adonan utama), karena adonan akan menjadi agak keras. Oleh karena itu, saya menggabungkan sisa-sisanya untuk digiling, dan dicetak ulang. (Supaya adonan tidak keras semuanya dan masih bisa dimanfaatkan, dari pada dibuang)
3. Goreng donat lebih baik menggunakan minyak padat agar mengurangi kelebihan minyak terserap.

1 komentar:

Ricky mengatakan...

kalo menurut saya kunci kelembutan donutnya terletak pada 3 hal. pertama jenis tepung yang dipakai, kedua jumlah kandungan air yang digunakan, ketiga perlakuan adonan setelah mixing... kalo disama kan dengan cakra pasti banyak yang menemui kegagalan deh :) and kalo boleh input, pemakaian tepungnya 80% high protein dan 20% medium protein. regards

Rq