homecakescookiesrecipes

Jumat, Agustus 31, 2007

Basic Cake and Marmer Cake


Tanggal 29 kemarin aku bener-bener rajin, sebelum bikin roti, aku bikin cake ini buat future hubby. Sebelumnya aku tanya dia mau dibikinin kue apaan, eh dia dengan pdnya bilang itu lho bolu yang biasa. Aku bilang ke dia, Hun, itu bukan bolu tapi cake. Anyway, aku ngarepin agar aku bisa bikin kue yang lainnya, sekalian buat prektis. Tapi apa daya, dia memangnya tipe setia... (pada kue itu karena dia bilang bahwa nyokapnya sering bikin kue begitu waktu kecil...) ya udah aku bikinin 2 loyang sekalian yang satu polos, yang satu pake almond.

Resep ini bener-bener versatile karena bisa untuk cake biasa maupun marmer cake, tinggal tambah coklat bubuknya. O iya, BTW, kuenya bener2 empuk dan agak2 basah...basah...basah.. (koq malah nyanyi ya)

BASIC CAKE AND MARMER CAKE

Bahan:
225 gr tepung terigu protein rendah/serbaguna
300 gr mentega (aku pake 150 gr mentega dan 150 gr margarine)
230 gr gula pasir halus (jika pake gula kasar, di blender dulu mba)
6 btr kuning telur
5 btr putih telur
1/2 sdt vanilie

Cara membuat:
1. Kocok mentega dan gula hingga lembut dan rata. Masukan Kuning telur satu persatu sambil terus dikocok.
2. Masukan vanilla, terus masukan tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk dengan spatula dengan rata.
3. Putih telur di kocok hingga menjadi buih/keras dan tidak berair. Masukan kedalam adonan.
4. Taburkan almond jika ingin.
5. Tuang ke loyang bundar diameter 20/22 cm yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
6. Panggang dalam oven bersuhu 160 selama 50 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk terutama bagian tengah

Tips untuk membuat marmer cake
1. Lakukan step 1-3
2. Ambil 150 cc adonan, campur dengan sedikit coklat bubuk (leb kur 25 gr) yang telah diayak aduk rata.
3. Tuang sebagian adonan putih di dalam loyang, kemudian masukan adonan coklat, dan terakhir adonan putih.
4. Aduk pelan dengan garpu satu keliling secara zig zag untuk mendapat corak marmer.
5. Ikuti step 6

Tidak ada komentar: