homecakescookiesrecipes

Sabtu, September 29, 2007

Rahasia Kelezatan Cake

Dalam membuat cake, kita kadang bingung dengan masing-masing ingredien yang terkandung dalam cake. Dengan mengerti kegunaan dari masing-masing ingredient tersebut, maka kita dapat mengaplikasikannya dalam pembuatan kue ini.

Tepung Terigu
Kegunaan: Pati dalam tepung akan menggumpal oleh panas, yang akan membuat bentuk
cake yang lebih padat
Cara memilih: Pilih Tepung terigu yang berprotein sedang supaya hasilnya bagus

Lemak
Kegunaan: Lemak akan menentukan volume dan tekstur cake. Sumbernya bisa didapat dari margarin, mentega, minyak atau kuning telur.
Cara memilih: Penggunaan jumlah lemak yang tepat akan menghasilkan tekstur cake yang halus dan lembut. Sumber lemak hewani memiliki cita rasa yang lebih gurih.

Gula
Kegunaan: Digunakan sebagai pengempuk dan pengikat sehingga tekstur cake lebih padat.
Cara memilih: Gunakan gula dalam jumlah yang tepat (maksimal 1/3 dari jumlah bahan) agar cake mengembang dengan baik saat dipanggang. Sebaiknya gunakan gula kastor atau gula pasir berbutir halus supaya mudah halus dan rata. Tekstur cake yang dihasilkan pun jadi lebih halus (pori2 lebih kecil)

Telur
Kegunaan: Protein telur akan digumpalkan oleh paans, sehingga mengecilkan rongga udara dalam cake. Telur juga digunakan sebagai pengganti cairan, seperti air atau susu, sehingga membuat cake lebih lembab (moist)
Cara memilih: Jika telur disimpan di lemari pendiingin, sebelum digunakan keluarkan dulu, dan biarkan hingga suhunya sama dengan suhu ruang. Sebab suhu dingin akan menghambat proses pengembangan cake.

Tidak ada komentar: